content='DRAFTER AUTOCAD SURABAYA' name='description'/> MIX DESIGN 30 MP’a - Kebutuhan-Kebutuhan Anak Teknik Kebutuhan-Kebutuhan Anak Teknik: MIX DESIGN 30 MP’a

Jumat, 24 Juni 2016

MIX DESIGN 30 MP’a

Halooooo,, kembali lagi…

Saya kali ini akan mempost suatu buku mix design sesuai dengan yang diisyaratkan oleh SNI 2000. Saya berterima kasih sangat kepada zacoeb lecture karena dari situlah saya mengambil dan saya menyempurnakannya.

Sebenarnya tulisan saya satu ini sangat berkaitan erat dengan tulisan saya yang berjudul Beton Mutu f'c 30 MPa dan benar saja, pada saat lomba dan saat benda ujinya di tes tekan, penyimpangannya hanya sedikit hehehehe, saya gak tau itu kebetulan, atau ketepatan hitungan saya.Hoooooo.

Suatu beton mutu tinggi sebelum di campurkan harus dibuat terlebih dahulu rencananya atau yang biasanya dinamakan mix design, agar tidak terjadi pemborosan atau kegagalan dalam suatu struktur bangunan hingga menyebabkan lendutan hingga kerobohan saatu bangunan., pasti ngeri kan…

Dalam tulisan saya kali ini harap dimaklumi kalau masih ada yang kurang, karena pengetahuan saya masih sangat terbatas, maklum saat saya menulis mix design ini saya masih duduk di bangku kelas 3 SMK..

Oh iya di artikel saya ini juga saya tambahi RAB (Rencana Anggaran Biaya) juga lhooo ;-)

Ok ini dia cuplikan dari mix design saya…



…………………………………….
10. Ukuran agregat maksimum ditetapkan 20 mm (dilihat dari ukuran butiran maksimum pada analisa gradasi ayakan).
11. Kadar air bebas:
Untuk  mendapatkan  nilai  kadar  air  bebas, periksalah tabel-4  yang  dibuat  untuk  agregat gabungan alami yang berupa batu pecah. Untuk agregat gabungan yang berupa campuran antara pasir alami dan kerikil (batu pecah) maka kadar air bebas harus diperhitungkan antara 180–210 kg/m3 (kalau nilai slump antara 30–60 mm dan ukuran agregat maksimum 20 mm), memakai rumus:

…………………………

…………………………
Daftar isian (formulir) perencanaan campuran beton
No
Uraian
Tabel/ Grafik Perhitungan
Nilai
1
Kuat tekan yang disyaratkan (28 hari, 5%)
Ditetapkan
30 Mpa pada 28 hari, bagian tak memenuhi syarat 5% (k = 1,64)
2
Deviasi standar
SNI 2847:2013 Pasal 5.3.1.1
7 MPa
3
Nilai tambah (margin)
Diketahui
1,64 x 7 = 11,48 MPa
4
Kuat tekan rata-rata yang ditargetkan
(1)+(3)
30 + 11,48 = 41,48 MPa
5
Jenis semen
Ditetapkan
Tipe 1
6
Jenis agregat: -Kasar,Halus
Ditetapkan
Batu pecah, alami
7
Faktor air semen bebas
Tabel-3, grafik-1
0,454 (silinder)
8
Faktor air semen maksimum
Tabel-1
0,55
9
Slump
Tabel-2
30-60 mm

……………………………………….

Lanjutannya jika kalian tertarik dengan artikel saya, langsung download melalui link di bawah ini..






Terima kasih telah berkunjung ke blog saya J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar